Ini Baru Internet Unlimited, Sob!

Photo by NordWood Themes on Unsplash
 
Cerita kali ini akan saya mulai dengan sebuah pertanyaan:

"Kamu butuh berapa Gigabyte buat internet bulanan, Sob?"

10 GB cukup?

Kurang dari 10 GB per bulan?

Atau malah di atas 50 GB?

Kebutuhan internet masing-masing orang tentu berbeda. Ada yang cuma pake internet di smartphone buat chatting WhatsApp, ada yang pake buat jualan online, kerja model WFH, ada yang pake cuma buat main game atau nyari hiburan semata.

 

Sejauh ini pemakaian internet saya ada di angka 74,8 GB. Itu termasuk pengguna berat. Penggunaan itu di hape saya yang berkartu by.U, dengan paketan unlimited kuota. Hanya dibatasi kecepatan Maks 2 Mbps.

Saya udah cobain layanan internet dari berbagai macam provider internet. Indosat, XL, Live.On, Three, Smartfren, Telkomsel dan by.U.

Sepengalaman saya menggunakan berbagai operator seluler itu, pas saya lagi butuh internet buat sesuatu yang super penting, kadang godaan datang. Godaan bernama internet lemot. Hampir semua operator seluler yang saya pake ya begitu semua. Tapi kalo pas lagi nonton hiburan, internet lancar-lancar aja. Kan gemes, yak?!

Singkat cerita, baru di by.U, saya bener-bener menemukan unlimited kuota. Tenang rasanya. Dulu saya sering buka aplikasi provider internet untuk ngecek masih sisa berapa kuota saat ini, semacam muncul perasaan was-was. Khawatir kuota habis pas bulan langganan masih berjalan, dan mau nggak mau saya cuma punya 2 opsi: internet dihemat banget-banget, atau beli kuota baru.

Kalo sekarang pake by.U, saya hanya sesekali buka aplikasi by.U di hape. Karena saya tahu, kuota internet nggak akan habis karena beneran unlimited tanpa turun kecepatan internetnya.

Sedangkan sepengalaman saya pake provider internet lain, kalo menawarkan paket internet unlimited itu biasanya dibatasi FUP (Fair Usage Policy / kebijakan batas pemakaian wajar), misal 1 GB tiap hari. Kalo udah make internet sebanyak 1 GB di hari itu, maka kecepatan internet bakal turun drastis di angka 256 Kbps. Kalo di by.U enggak gitu, karena di awal udah dikasih tahu kalo kecepatannya memang dibatasi maksimal 2 Mbps buat langganan bulanan.

Udah bahas panjang lebar, ternyata saya lupa. Saya belum kasih tahu sejak kapan saya pake by.U. Hehehe...

Asiknya, di aplikasi by.U, ada tampilan kapan pertama kali kamu pake provider telekomunikasi satu ini. Ternyata saya pake by.U sejak 11 Oktober 2020.
 

Nomor utama saya adalah Telkomsel Pascabayar, yang kedua adalah by.U. Uniknya, by.U memang memposisikan diri sebagai nomor kedua.

Di saat operator seluler lain memimpikan jadi pilihan pertama penggunanya, by.U malah pengen jadi yang kedua. Kenapa begitu? Karena promo jadikan by.U yang kedua berasal dari feedback pelanggan mereka, yang mayoritas memang menggunakan by.U sebagai nomor kedua.

Yang penting biar orang-orang coba dulu kualitas by.U, sebagai nomor kedua pun tak masalah. Kalo cocok, kan bisa lanjut pake, bahkan bisa menggeser kartu yang pertama penggunanya. Selengkapnya bisa kamu tonton di video Gadgetin ini:

Nah, karena saya pake 2 nomor berjaringan sama yaitu Telkomsel, maka saya merasakan 1 kelemahan. Kalo jaringan Telkomsel lagi jelek, maka internet keduanya pun terganggu. Saya bersyukur frekuensi jeleknya jaringan Telkomsel di tempat tinggal saya nggak terlalu sering. Jadi masih bisa ditoleransi.

Idealnya kalo pake 2 hape, mending pake provider telekomunikasi yang berasal dari 2 brand berbeda jaringan. Biar bisa saling melengkapi kalo salah satunya lagi jelek. Tapi sepengalaman saya di area tempat tinggal saya, yang paling optimal ya jaringan Telkomsel. Itu kenapa saya pake 2 nomor beda operator dengan jaringan Telkomsel.

Secara umum, paket unlimited by.U ini cenderung cocok buat kamu yang nggak mau dibatasi kuota internet. Kalo mau berinternet-ria, ya tinggal mainkan aja. Nggak perlu was-was kuota habis.

Bagaimanapun juga sebuah produk tetap ada kelemahan, termasuk by.U. Paket unlimited by.U ini nggak cocok buat kamu yang doyan internet kenceng, karena kecepatan hanya dibatasi 2 Mbps. Nggak cocok kalo dipake download aplikasi atau file secara instan, karena emang nggak bisa. Butuh waktu yang lebih lama buat download dengan kecepatan segitu.

Kalo saya butuh download video youtube, biasanya saya klik download dan saya tinggalin. Artinya, saya nyetok video Youtube untuk saya tonton secara offline di waktu tertentu. Kalo saya update aplikasi, saya pastikan lagi nggak pake aplikasi tersebut. Enaknya pas mau tidur, kamu download semua video atau update aplikasi yang kamu pengen. Pas bangun, semua udah beres, siap dipake.

Tuh, saya barusan ngecek kecepatan by.U saya

Sebagai pembanding, saya sertakan kecepatan internet dari Telkomsel Pascabayar yang saya pake. Begini penampakannya:

Jauh banget bedanya, tapi tak mengapa...

By.U dipake buat nonton hiburan kayak streaming youtube, rata-rata lancar di kecepatan 480p. Nggak buffering. Buat main game juga oke, hanya saja kadang ping-nya loncat bikin sensasi main game jadi turun drastis, apalagi kalo cuaca lagi mendung dan hujan.

Di samping itu, saya juga sering menggunakan sinyal by.U buat dijadikan wifi ke laptop saya. Asumsi saya, kemungkinan sinyal by.U unlimited bisa dioptimalkan untuk wifi ke 2-3 gadget saja.

Setelah baca tulisan segini panjangnya, mungkin ada yang nanya, "harga paketnya berapaan?"

Saya kasih spoiler:



Selain paket itu, ada juga menu topping, yang bisa kamu pilih sesuka hati, sesuai kebutuhan internet kamu. Misalnya kamu cuma butuh pake WhatsApp semata, ya sudah, beli paket topping WhatsApp aja. Nggak harus beli paket internet biasa.


Info Penting: Beda lokasi, kekuatan sinyal bisa berbeda. Cobain dulu ngecek gimana kekuatan sinyal jaringan Telkomsel di area tempat tinggal kamu kalo mau pake by.U. Biar nggak kecewa.

Yang lebih penting, selama kartu by.U masih aktif di hape, maka nggak akan masuk masa tenggang karena lupa ngisi pulsa. Semisal kamu nggak mau perpanjang by.U buat internetan bulan ini, maka nggak papa, bulan depan kamu tetap bisa pake by.U lagi kalo mau perpanjang paket internet. Makin tentram karena nggak khawatir kehilangan masa aktif kartu by.U.

Sebelum saya akhiri, ada kabar baik nih buat kamu. By.U ngasih bonus kuota 2 GB kalo kamu penasaran sama kualitas produk by.U ini. Jadi silakan beli, Sob!

Cara belinya gampang, klik link ini atau klik gambar di bawah ini.

Kalo udah klik link di atas, kamu akan sampe di halaman berikut ini. Ikuti saja prosesnya. Isilah form tertera.

Klik 'Klaim Kuota 2 GB'

Klik 'Oke'

Lanjutin sampe beres...

Akhir cerita, semoga bermanfaat buat kamu yang butuh the real unlimited internet.

Terimakasih udah membaca cerita saya hari ini.

Oh ya, kalo kamu udah pake by.U karena membaca cerita saya ini, coba ceritain ke saya, ya... Memuaskan atau nggak? Saya penasaran...

Wiradesa, 18 Januari 2022

https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEi20lfnow3QxP3Kc-J97UjazD-A6Rmlw2zsWiEtWELV9fxwTi5ziEoaqksJpcNF5osZygSDl-dUUkv0iYgkarvFHqdTTy7n_hFdYLSDtzyXe4H6hhHEoSVRXuF_e6h-o-P7yo8ZoF0KCSLPG0n2mEKgZWL_-weYvfWWDQnUgspQxLuSAuVUz72nZFidrg=s16000
https://shp.ee/bpf6c9h
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhD0Eq7xBQ7tIFbIK7Q_ECgIN6RtBZmrjR9YqggvtcsZ1CoHXwNN9jIsBMKBq03Zya3OntDoqh5E-nEGOnJX7nKl6fpqanGh9_DJV1IqQCUl3UkdtugmLBieSak_Pq-ahg6VdfxcaSCLmJJob8e2ndhYblPOVR0ejd3wIC-6qGxS2rorSdmueB1gpkRzA=s16000
https://shp.ee/m8bycch
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhMHrequR_uiFqHUSPt2thla2lqOVUNoui7mo8a0RoSEJ11oovhPG4cQSxMs2ltpJ5FZcuZg59zkwasw7EWVTL7xyNLsB3KjN5wztNTU4ETP_K9wI9FjqeMfZr4becfFFc7xKjiLuIA9IBihgRbo98bVwbu_T09Lh6OZbG0PSN2aLK2q5ZKwyqPoMJn0Q=s16000
https://shp.ee/6p8qtih
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgjJ6RZa4pWp-Tb7MaMnnsm-M7-RX3ho3v0o2WMDZMWHpsjY8p-KGJwUw8n4Ip2mVIpAsDT6kFhsMd433EisJCycOjTTt0i_AzcctOSV_i5gxi94W-MrUQgLmsdg9sw2rAOlSSWnayIXB63EwI4H1HdExTGwYmtm4H5RgUN5sj1tWniSQQ7Qu6CODx5uw=s16000
https://shp.ee/uap8v7h
Lebih baru Lebih lama