Landingpage Gratis, Jadi Solusi Praktis

Setelah hidup bertahun-tahun ditemani smartphone Android, tentu kita telah mengenal Google. Google menemani aktifitas kita setiap hari. Bisa berupa ngirim email, daftar ke situs tertentu, login ke akun social media.

Photo by Júnior Ferreira on Unsplash

Mungkin sebagian orang baru menyadari bahwa mesin pencari raksasa sekelas Google menyediakan banyak produk GRATIS. Produk-produknya memiliki fitur keren yang bisa menjadi pilihan alternatif bagi pelaku UKM.

Saking terbiasanya memakai produk Google, sebagian besar orang mungkin nggak sadar bahwa mereka sudah kecanduan produk Google.

Mau ditahan kayak apa juga, pada akhirnya saya nggak tahan untuk nggak sharing tentang jualan online.

Kali ini saya pengen membagi info tentang landingpage gratisan.

Apa itu landingpage?

Sederhananya, landingpage adalah halaman etalase berisi info produk yang sudah kamu siapkan untuk menyambut calon konsumen produk jualan kamu. Kamu bisa mengarahkan mereka untuk melakukan sesuatu setelah membaca info produk jualan kamu. Entah itu memasukkan data nama, email dan nomor hape agar mereka dapat info promo terbaru, atau langsung kamu arahkan mereka untuk membeli produk yang kamu jual.

Google memiliki fasilitas gratis yang bisa digunakan sebagai Landingpage Gratisan. Budget promosi bisa dihemat di awal, nggak harus dibebani oleh pemikiran kalo bikin landingpage itu harus yang berbayar.

Kalo diperhatikan, urusan kerapihan administrasi bisa dibantu sama produk Google. Nah, faktor kerapian administrasi itulah yang saya bidik. Kalau kita pakai produk Google saja bisa mendapat kemudahan, kenapa kita harus pusing?

Mari kita sebut produk Google tersebut dengan nama: Google Form.

Ketika ada kawan yang bilang, "Tapi tetap lebih kaya fitur produk landingpage premium dong, Mas.."

Iya, betul. Saya sependapat dengan hal tersebut. Makanya, kawan-kawan creator produk premium landingpage nggak perlu khawatir tergerus marketnya meski berhadapan dengan perusahaan GEDE sekelas Google. Ada perbedaan target market di sini.

Untuk UKM pemula tentu masih mempertimbangkan budget, kan? Termasuk budget promosi untuk bikin landingpage, seperti yang sudah saya singgung tadi.

Kalo urusan budget udah siap, maka keputusan membeli produk premium landingpage bisa menjadi pilihan yang tak terbantahkan. Karena fiturnya tentu lebih lengkap dibanding fitur di landingpage gratisan bernama Google Form.

Namun, ketika budget masih minimal, tentu perlu memeras otak sekencang mungkin hingga menemukan SOLUSI alternatif.

* * *

Oke, yuk login ke https://drive.google.com/ menggunakan akun email kamu.

Lalu klik New, klik Google Forms, klik Blank form.

Silakan berkreasi di sana.

Satu contoh bikinan saya seperti ini:


Kamu bisa mengakses di link https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSdi_jee7AQvVM7oNiM2ir66dQW93JCkE8hwpp1prBtO3Zzq9g/viewform.

Link aslinya panjang banget. Kamu bisa pendekin melalui bitly.com, sehingga linknya menjadi singkat: https://bit.ly/3A5EMas. Link pendek tersebut bisa kamu pajang di akun-akun social media jualan kamu.

Jadi gimana, nggak perlu pusingin biaya beli landingpage di awal kamu merintis usaha, kan?!

Yang lebih diperlukan adalah KREATIFITAS kamu. Yuk, bisa, yuk!

Terimakasih udah membaca cerita saya hari ini.

Tolong jangan sebarkan artikel ini kecuali kamu mendapatkan manfaat.

Wiradesa, 17 Januari 2022

https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEi20lfnow3QxP3Kc-J97UjazD-A6Rmlw2zsWiEtWELV9fxwTi5ziEoaqksJpcNF5osZygSDl-dUUkv0iYgkarvFHqdTTy7n_hFdYLSDtzyXe4H6hhHEoSVRXuF_e6h-o-P7yo8ZoF0KCSLPG0n2mEKgZWL_-weYvfWWDQnUgspQxLuSAuVUz72nZFidrg=s16000
https://shp.ee/bpf6c9h
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhD0Eq7xBQ7tIFbIK7Q_ECgIN6RtBZmrjR9YqggvtcsZ1CoHXwNN9jIsBMKBq03Zya3OntDoqh5E-nEGOnJX7nKl6fpqanGh9_DJV1IqQCUl3UkdtugmLBieSak_Pq-ahg6VdfxcaSCLmJJob8e2ndhYblPOVR0ejd3wIC-6qGxS2rorSdmueB1gpkRzA=s16000
https://shp.ee/m8bycch
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhMHrequR_uiFqHUSPt2thla2lqOVUNoui7mo8a0RoSEJ11oovhPG4cQSxMs2ltpJ5FZcuZg59zkwasw7EWVTL7xyNLsB3KjN5wztNTU4ETP_K9wI9FjqeMfZr4becfFFc7xKjiLuIA9IBihgRbo98bVwbu_T09Lh6OZbG0PSN2aLK2q5ZKwyqPoMJn0Q=s16000
https://shp.ee/6p8qtih
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgjJ6RZa4pWp-Tb7MaMnnsm-M7-RX3ho3v0o2WMDZMWHpsjY8p-KGJwUw8n4Ip2mVIpAsDT6kFhsMd433EisJCycOjTTt0i_AzcctOSV_i5gxi94W-MrUQgLmsdg9sw2rAOlSSWnayIXB63EwI4H1HdExTGwYmtm4H5RgUN5sj1tWniSQQ7Qu6CODx5uw=s16000
https://shp.ee/uap8v7h
Lebih baru Lebih lama