Versus Aplikasi Pencatat: Notes iOS vs Simplenote vs Bear App

Photo by Kelly Sikkema / Unsplash

 

Buat urusan tulis-menulis, saya paling suka tampilan clean minimalis. Kalo background putih bersih tuh rasanya enak buat dipake nulis. Jadi fokus pada tulisan. Fungsinya pas buat saya.

Ide nulis jadi mengalir gitu aja. Jari-jemari pun menari dengan santai menyusun huruf demi huruf menjadi kalimat yang bisa dipahami.

Kenyamanan memang persoalan selera. Beda orang bisa berbeda seleranya.

Ada yang berada di dashboard Wordpress udah terasa nyaman, ada yang pake dashboard blogger.com udah nyaman, ada juga yang pake Ghost.io baru menemukan tingkat kenyamanan yang memuaskan. Semua kembali ke diri masing-masing orang.

Ini saja saya mengetik draft tulisan untuk blog muhnurulhakim.ghost.io menggunakan aplikasi Bear.App yang saya dapet dari rekomendasi Flaviocopes.com.

Atas nama penasaran, saya mencoba aplikasi satu ini.


Tapi mundur dulu sejenak, yuk. Saya mau cerita di jaman ketika pake OS Android, saya terbiasa pake aplikasi Evernote di awal. Kemudian saya pindah pake Simplenote karena merasa Evernote terlalu berat. Keunggulan Evernote dibanding Simplenote yang paling saya rasakan adalah bisa upload foto. Karena aplikasi Simplenote hanya fokus ke teks saja, jadi saya migrasi ke sana. Kebutuhan pencatatan saya memang sesimpel itu.


Ada kebiasaan yang agak berubah sejak saya pindah ke iOS. Saya mengoptimalkan Notes, aplikasi pencatat default iOS.

Kebanyakan ide kerjaan saya taruh di Notes. Keunggulan Notes memang ada pada dukungan ekosistemnya. Share folder kategori kerjaan tertentu semudah mengundang email pengguna iOS lain. Saya menggunakan Notes buat sharing kerjaan sama istri, buat bikin caption atau kalo lagi ada ide tertentu buat ngembangin usaha Larizka.com. Sharing catatan di Notes dengan orang lain tanpa perlu biaya tambahan.

Sebenarnya Simplenote pun sama, bisa berkolaborasi dengan pengguna Simplenote lain tanpa biaya apapun. Bahkan semua layanan Simplenote itu gratis!

Tapi saya masih mengandalkan Simplenote buat pencatatan pribadi, karena akses situs Simplenote.com begitu ringan. Cepet bukanya. Memudahkan buat saya segera mengakses apapun yang sudah saya tulis di sana. Ini karena saya masih pake OS Linux di laptop. Mungkin akan berbeda cerita kalo saya udah pake Mac, kecil kemungkinan masih pake Simplenote. Hahahaa...

 


Buat saya peranan fungsi berada di atas estetika. Saya lebih memilih fungsi suatu barang daripada sekedar tampilan indahnya. Itu kenapa Simplenote masih jadi andalan saya. Yang penting bisa buat nulis dan cepet aksesnya, udah gitu aja. Tampilan clean minimalis menjadi tambahan saja, buat bikin nyaman di mata.

Balik lagi ke Bear.App yang bisa diakses di sini: https://bear.app/

Ketika saya download dan buka aplikasinya pertama kali, saya agak bingung. Masih tahap ujicoba. Tahap mencermati setiap menu.

Kesan pertama, Bear.App bisa optimal kalo berlangganan bulanan. Biayanya 19ribu per bulan.

Kalo nggak berlangganan, apapun yang kita tulis nggak akan sinkron dengan gadget kita yang lain. Misal pas kita ngetik catatan di iPhone, kemudian mau lanjutin edit di iPad, nggak akan bisa tanpa berlangganan bulanan.

Lalu kekurangan lain Bear App adalah hanya bekerja di ekosistem Apple saja. Poin tersebut membuat Simplenote masih lebih unggul di mata saya.



Opsi Pro dari Bear.App pun buat saya nggak terlalu berguna di kesan pertama ini.

•  Sinkron ke gadget berbeda

•  Bisa ganti tema Pro

•  Bisa export hasil catatan ke format PDF, HTML, DOCX, JPG, TaskPaper, ePub

Kalo butuh privasi lebih, ada fitur password yang hanya tersedia di versi Pro.

Biaya 19ribu per bulan buat saya terlalu mahal buat memenuhi kebutuhan saya saat ini.

Jika pun butuh upload foto sebagai attachment catatan, maka saya akan menggunakan Notes iOS bukan Simplenote. Mereka menjadi dua aplikasi yang akhirnya saling melengkapi.

Sejauh ini prinsip yang saya pegang begini:

"Jika ada yang gratis dan memenuhi kebutuhan, kenapa harus memaksakan diri membayar?"

Kalo pun harus membayar karena sesuai kebutuhan, ya bayar saja, karena memakai produk gratisan yang nggak memenuhi kebutuhan bikin kita membayar lebih mahal. Bayarnya pake emosi marah dan jadi kurang produktif karena kehilangan momentum.

Ketika biaya belum ada, bersabarlah sejenak. Siapin budgetnya dulu hingga bisa memenuhi kebutuhan yang berbayar tersebut.

Atau mungkin ada opsi alternatif yaitu aplikasi gratis lain yang fiturnya (hampir) memenuhi kebutuhan kita. Coba aja mulai mencari.

Nggak ada satupun aplikasi yang sempurna dan bisa memenuhi semua kebutuhan kita. Setiap aplikasi pasti memiliki keunggulan dan kelemahan. Pastikan kita bisa memutuskan mau pake aplikasi yang mana yang bisa memenuhi kebutuhan kita, atau setidaknya mendekati kebutuhan kita.

Terimakasih udah membaca cerita saya hari ini.

Wiradesa, 21 Juni 2022

https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEi20lfnow3QxP3Kc-J97UjazD-A6Rmlw2zsWiEtWELV9fxwTi5ziEoaqksJpcNF5osZygSDl-dUUkv0iYgkarvFHqdTTy7n_hFdYLSDtzyXe4H6hhHEoSVRXuF_e6h-o-P7yo8ZoF0KCSLPG0n2mEKgZWL_-weYvfWWDQnUgspQxLuSAuVUz72nZFidrg=s16000
https://shp.ee/bpf6c9h
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhD0Eq7xBQ7tIFbIK7Q_ECgIN6RtBZmrjR9YqggvtcsZ1CoHXwNN9jIsBMKBq03Zya3OntDoqh5E-nEGOnJX7nKl6fpqanGh9_DJV1IqQCUl3UkdtugmLBieSak_Pq-ahg6VdfxcaSCLmJJob8e2ndhYblPOVR0ejd3wIC-6qGxS2rorSdmueB1gpkRzA=s16000
https://shp.ee/m8bycch
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhMHrequR_uiFqHUSPt2thla2lqOVUNoui7mo8a0RoSEJ11oovhPG4cQSxMs2ltpJ5FZcuZg59zkwasw7EWVTL7xyNLsB3KjN5wztNTU4ETP_K9wI9FjqeMfZr4becfFFc7xKjiLuIA9IBihgRbo98bVwbu_T09Lh6OZbG0PSN2aLK2q5ZKwyqPoMJn0Q=s16000
https://shp.ee/6p8qtih
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgjJ6RZa4pWp-Tb7MaMnnsm-M7-RX3ho3v0o2WMDZMWHpsjY8p-KGJwUw8n4Ip2mVIpAsDT6kFhsMd433EisJCycOjTTt0i_AzcctOSV_i5gxi94W-MrUQgLmsdg9sw2rAOlSSWnayIXB63EwI4H1HdExTGwYmtm4H5RgUN5sj1tWniSQQ7Qu6CODx5uw=s16000
https://shp.ee/uap8v7hSimplenote.comSimplenote.comSimplenote.com
Lebih baru Lebih lama