Sekarang Beda Cara Pandang

Dulu ketika hanya jadi user social media biasa, rasanya semua konten yang saya konsumsi tidak lebih dari sekedar hiburan dan edukasi saja. Menghibur diri dan mengedukasi diri, terkadang saya bagikan ke teman biar mereka mendapat pengalaman serupa dengan apa yang saya alami.

Aktifitas mengonsumsi konten digital tanpa terasa udah menghabiskan waktu hingga satu-dua jam. Itu berlalu begitu saja.

Photo by Emily Morter on Unsplash
 

Terbuai oleh 'keindahan' yang ditampilkan di social media. Scroll terus tanpa henti. Rasanya semua yang dilihat itu asik, menghibur dan bermanfaat.

Sadar atau nggak, platform social media memang diciptakan untuk bikin penggunanya ketagihan berada di dalamnya. Sebagai contoh di Instagram, semakin lama seseorang scrolling konten di Instagram, maka pengelola Instagram makin seneng. Potensi cuan buat mereka.

Saya pernah nonton film di Netflix berjudul 'The Social Dilemma'. Ada salah satu pernyataan yang menohok menurut saya: "Ketika suatu layanan gratis, maka Anda adalah produknya."

Dari sederet kalimat itu aja udah kebayang ngerinya. Setiap pengguna social media adalah produk. Makanya iklan bersliweran di timeline feed akun social media kita.

Dari sudut pandang orang yang punya usaha dan pengen berpromosi secara cepat, maka terlibat di ranah social media adalah sebuah keharusan.

Kalo dulu orang nongkrong di pusat keramaian seperti mall, pasar, tempat wisata secara fisik, tapi sekarang orang-orang pun nongkrong di berbagai channel Youtube, di akun-akun Selebgram, juga Tiktoker ternama.

Nah, begitu menyinggung urusan usaha, maka tentunya harus bersiap diri untuk memanfaatkan social media sebagai media promosi. Mau nggak mau ya harus terus belajar tentang perkembangan promosi digital.

Termasuk belajar tentang cara menjadi content creator.

Yang suka tampil di depan kamera, profesi sebagai content creator sudah pasti cocok. Karena butuh tingkat kepercayaan diri yang tinggi untuk bisa menyajikan edukasi atau hiburan melalui tampil di depan kamera.

Tapi yang suka demam panggung pun tetap bisa menjadi content creator. Nggak melulu harus munculin wajah di layar. Yang dibutuhkan kreatifitas untuk mengolah konten aja. Kalo bisa ngasih isian suara alias voice over, itu lebih bagus.

Bikin konten nggak sembarang konten, tapi yang berdampak manfaat buat orang-orang. Idealisme-nya seperti itu.

Kalo dulu semasa menjadi user social media biasa, saya taunya konten di depan saya adalah bahan konsumsi saja. Tapi ketika udah punya usaha, cara pandang saya berubah.

Ketika melihat sebuah konten, biasanya saya mikir gini:

- "Lucu! Kenapa dia kepikiran bikin konten ini, ya?"

- "Kalo konsep video ini saya terapin buat bisnis saya, gimana caranya, ya?"

Saya lebih mengedepankan cara berpikir kalo sebuah video itu bagus penyajiannya, kira-kira cocok nggak kalo saya adaptasi konsepnya. Sampai batasan mana kira-kira kalo saya menerapkan konsep serupa.

Kenapa saya mikirnya begitu? Ya karena itu ide segar buat saya. Tugas berikutnya ada di saya, sekreatif apa saya bisa mengolah ide berbasis video yang saya tonton tersebut menjadi video promosi untuk produk yang saya jual.

Kalo kamu gimana?

Apakah masih menjadi pengguna social media biasa? Atau udah beda cara mikirnya sekarang?

Terimakasih udah membaca cerita saya hari ini.

Wiradesa, 28 Februari 2022

https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEi20lfnow3QxP3Kc-J97UjazD-A6Rmlw2zsWiEtWELV9fxwTi5ziEoaqksJpcNF5osZygSDl-dUUkv0iYgkarvFHqdTTy7n_hFdYLSDtzyXe4H6hhHEoSVRXuF_e6h-o-P7yo8ZoF0KCSLPG0n2mEKgZWL_-weYvfWWDQnUgspQxLuSAuVUz72nZFidrg=s16000
https://shp.ee/bpf6c9h
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhD0Eq7xBQ7tIFbIK7Q_ECgIN6RtBZmrjR9YqggvtcsZ1CoHXwNN9jIsBMKBq03Zya3OntDoqh5E-nEGOnJX7nKl6fpqanGh9_DJV1IqQCUl3UkdtugmLBieSak_Pq-ahg6VdfxcaSCLmJJob8e2ndhYblPOVR0ejd3wIC-6qGxS2rorSdmueB1gpkRzA=s16000
https://shp.ee/m8bycch
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhMHrequR_uiFqHUSPt2thla2lqOVUNoui7mo8a0RoSEJ11oovhPG4cQSxMs2ltpJ5FZcuZg59zkwasw7EWVTL7xyNLsB3KjN5wztNTU4ETP_K9wI9FjqeMfZr4becfFFc7xKjiLuIA9IBihgRbo98bVwbu_T09Lh6OZbG0PSN2aLK2q5ZKwyqPoMJn0Q=s16000
https://shp.ee/6p8qtih
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgjJ6RZa4pWp-Tb7MaMnnsm-M7-RX3ho3v0o2WMDZMWHpsjY8p-KGJwUw8n4Ip2mVIpAsDT6kFhsMd433EisJCycOjTTt0i_AzcctOSV_i5gxi94W-MrUQgLmsdg9sw2rAOlSSWnayIXB63EwI4H1HdExTGwYmtm4H5RgUN5sj1tWniSQQ7Qu6CODx5uw=s16000
https://shp.ee/uap8v7h
Lebih baru Lebih lama