Curhat di Siniar (Podcast)

Mengawali Bulan Februari, saya mencari-cari draft tulisan di aplikasi Notes hape saya.

Saya pilah-pilih, mikir kira-kira adakah tulisan yang cocok untuk saya terbitkan kali ini?

Ketemulah tulisan ini. Saya edit di sana-sini.

Silakan nikmati bahan bacaan hari ini.

* * *

Photo by Yarenci Hdz on Unsplash

 

Alhamdulillah, Episode Pertama Siniarku Udah Tayang

Hari ini, 22 Agustus 2021 jam 3 pagi saya posting audio hasil cuap-cuap singkat selama semenit yang saya rekam di hari kemarin.

Isinya tentang gimana perbedaan respon orang-orang terhadap sebuah peristiwa yang sama. Saya dan kamu bisa merespon peristiwa yang sama dengan tindakan berbeda, atau bisa sama.

Respon kita dengan orang lain terhadap sebuah hal, bisa sama, bisa berbeda. Biarlah respon orang lain menjadi tanggung jawabnya, sedangkan kita ya tentu saja bertanggung jawab atas respon diri kita sendiri.

Mau cerita sedikit, saya udah lama menginstal aplikasi Anchor di hape. Sekitar 2 tahun sejak saya mengikuti kegiatan offline dari kirim.email yang membahas tentang podcast, saya kenalan sama aplikasi Anchor. Tapi sejak itu saya masih bingung, pengen garap podcast tapi masih belum bisa nentuin mau bikin apaan. Alhasil aplikasi ini nganggur begitu aja di hape.

Hingga akhirnya hari kamis lalu, 19 Agustus 2021, saya telponan sama Bro Fahmy Arafat, seorang sohib yang doyan sharing. Di salah satu obrolan, kami bersepakat bakal bikin podcast bareng. Berencana ngobrolin tentang tema-tema psikologis, lebih tepatnya tema emosi manusia, intinya tentang manusia dan perilakunya.

Hari berikutnya saya malah merekam suara sendiri. Iseng aja gitu. Awalnya buat saya pake di konten instagram. Jadi konsepnya saya bikin video berisi audio rekaman sendiri tentang tema-tema tertentu.

22 Agustus 2021 dini hari, sekitar jam 2 pagi, saya malah kepikiran untuk mengupload hasil rekaman cuap-cuap tadi ke platform audio. Tapi saya belum tahu di platform apa.

Sempet Googling bentar. Ketemu sama Soundcloud.com yang dulu banget ku pakai untuk upload lagu Band Soundrise, intinya udah familiar banget sama platform ini, tapi saya mempertimbangkan untuk nggak pake Soundcloud. Masyarakat umum rasanya kurang familier dengannya.

Saya mencari platform yang banyak dipakai orang. Nah, di situlah situasi saya inget bahwa ada aplikasi Anchor di hape.

Aplikasi Anchor itu terhubung ke aplikasi Spotify. Yang mana Spotify menjadi aplikasi audio yang selalu saya dengar hampir setiap hari. Dengerin podcastnya Raditya Dika, Pandji Pragiwaksono, Lentera Malam, Do You See What I See dan beberapa podcast lain.

Saya terbiasa pakai Spotify untuk mengonsumsi konten audio, dan dari hasil pengamatan selama ini, Spotify adalah platform audio yang banyak didengar orang. Kalo orang promosi podcastnya, maka disodorinnya link Spotify. Saya pikir, ini keputusan tepat.

Saya menamai podcast perdana dengan nama: Langkah Pertama. Mau saya namai berkaitan dengan rutinitas tapi masih mentok idenya. Sebenarnya nama yang saya inginkan berkaitan dengan kebiasaan dalam melakukan sesuatu.

Saya pengen siapapun yang mendengar podcast saya akan mengambil manfaat dan mengamalkannya menjadi kebiasaan, nggak cuman anget-anget tai ayam, tapi memang ngerti kenapa perlu melakukan sesuatu, dan akhirnya jadi suatu kebiasaan.

Tapi akhirnya untuk awalan, saya menamainya dengan Langkah Pertama agar jalan aja dulu.

Saya pernah diajarkan bahwa untuk memulai sesuatu itu perlu meminimalkan segala hambatan. Tujuannya tentu agar seseorang memulai aktifitas. Biar nggak keburu males karena ada ketentuan ini-itu yang kompleks.

Ngomong-ngomong, Podcast itu kalo dalam Bahasa Indonesia disebut Siniar. Itu kenapa judul catatan ini ada istilah Siniar. Setelah ini saya mau membiasakan diri menyebut siniar, bukan podcast.

Sebenarnya saya membuat siniar untuk ditujukan kepada diri saya sendiri. Karena saya nggak mau menceramahi orang lain. Kesannya saya orang yang selalu tahu mana yang patut kamu lakukan, dan mana yang tidak layak kamu lakukan. Meskipun namaku Hakim, tapi saya tidak berhak menghakimi pemikiran dan perilaku seseorang. 

Adapun kamu memperoleh manfaat dengan mendengarkan isi siniar saya, itu efek samping saja. Yang penting, saya meniatkan bahwa isi siniar saya adalah nasihat untuk saya pribadi.

Kalo buat pribadi, kenapa saya tayangkan di platform publik?

Karena saya berpikir, siapa tahu ada orang di luar sana yang posisinya serupa dengan saya atau isi siniarku. Jadi, orang tersebut bisa mengambil referensi sudut pandangku dan semoga bisa bermanfaat untuk orang tersebut. 

Saya menyadari bahwa diri ini sudah berbeda dengan beberapa tahun silam. Sudah banyak pengalaman baru yang saya rasakan, jadi saya perlu mendokumentasikannya ke dalam sebuah platform tertentu. Biar saya mudah untuk menyimaknya kembali sebagai bahan renungan, sebagai bahan koreksi diri, karena saya punya kemungkinan melakukan kesalahan yang mungkin sama seperti di masa lalu.

Saya mikir, kalo nggak mengingatkan diri sendiri, saya mau mengharapkan siapa untuk mengingatkan diri ini?

Silakan berkunjung ke Channel Siniar saya di sini:

Akhir kata, terimakasih udah membaca cerita saya hari ini.

 Wiradesa, 1 Februari 2022

https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEi20lfnow3QxP3Kc-J97UjazD-A6Rmlw2zsWiEtWELV9fxwTi5ziEoaqksJpcNF5osZygSDl-dUUkv0iYgkarvFHqdTTy7n_hFdYLSDtzyXe4H6hhHEoSVRXuF_e6h-o-P7yo8ZoF0KCSLPG0n2mEKgZWL_-weYvfWWDQnUgspQxLuSAuVUz72nZFidrg=s16000
https://shp.ee/bpf6c9h
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhD0Eq7xBQ7tIFbIK7Q_ECgIN6RtBZmrjR9YqggvtcsZ1CoHXwNN9jIsBMKBq03Zya3OntDoqh5E-nEGOnJX7nKl6fpqanGh9_DJV1IqQCUl3UkdtugmLBieSak_Pq-ahg6VdfxcaSCLmJJob8e2ndhYblPOVR0ejd3wIC-6qGxS2rorSdmueB1gpkRzA=s16000
https://shp.ee/m8bycch
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhMHrequR_uiFqHUSPt2thla2lqOVUNoui7mo8a0RoSEJ11oovhPG4cQSxMs2ltpJ5FZcuZg59zkwasw7EWVTL7xyNLsB3KjN5wztNTU4ETP_K9wI9FjqeMfZr4becfFFc7xKjiLuIA9IBihgRbo98bVwbu_T09Lh6OZbG0PSN2aLK2q5ZKwyqPoMJn0Q=s16000
https://shp.ee/6p8qtih
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgjJ6RZa4pWp-Tb7MaMnnsm-M7-RX3ho3v0o2WMDZMWHpsjY8p-KGJwUw8n4Ip2mVIpAsDT6kFhsMd433EisJCycOjTTt0i_AzcctOSV_i5gxi94W-MrUQgLmsdg9sw2rAOlSSWnayIXB63EwI4H1HdExTGwYmtm4H5RgUN5sj1tWniSQQ7Qu6CODx5uw=s16000
https://shp.ee/uap8v7h
Lebih baru Lebih lama