Penulis Harus Punya Skill Ini

Jadi gini...

Saya kan cowok, nih. Saya bareng istri sedang membangun usaha bareng. Namanya Mukena Larizka. Tentu saja menjual produk mukena.

Thanks to hannah grace (Unsplash.com)

Problemnya adalah saya cowok dan punya kerjaan menjual mukena. Kalo saya muncul di video menawarkan mukena buat cewek-cewek muslimah, tentu aneh, kan...

Saya butuh mikir keras untuk mencari solusinya. Biar cowok yang jualan mukena bisa tetap elegan.

Ada kemampuan yang jarang orang miliki. Saya menyebutnya kemampuan menjahit cerita. Itulah kemampuan untuk menghubungkan cerita yang saya sajikan di blog dengan produk yang sedang saya coba tawarkan.

Misalnya saya mau membahas info 3 Destinasi Wisata Alam yang Harus Kamu Kunjungi tahun Ini!

Langkah awal yang saya lakukan adalah riset, yaitu mencari referensi tempat wisata alam di Google. Cari data sebanyak mungkin.

Berikutnya, lakukan seleksi. Kira-kira yang paling relevan untuk saya angkat ke tulisan saya itu tempat wisata yang mana aja. Seleksinya subyektif, ya, artinya tempat wisata yang nggak saya masukkan ke tulisan, bukan berarti nggak layak dikunjungi. Tentu saja semuanya punya keindahan alam masing-masing. Sesuaikan sama selera masing-masing orang.

Sebutlah saya sudah menemukan 3 tempat wisata alam yang mau diangkat ke tulisan. Sampaikan info mengenai tempat wisata tersebut, agar pembaca bisa mengerti sedetil mungkin dan bisa membayangkan di mana letaknya, apa saja yang ada di lokasi wisata tersebut dan semacamnya.

Dieng

Objek wisata ini berada di dataran tinggi Wonosobo, Jawa Tengah. Kamu bisa menyaksikan matahari terbit di Sikunir, kamu juga bisa main di Telaga Warna, Candi Arjuna dan Kawah Sikidang.

Cuacanya adem dingin sebagaimana sudah menjadi ciri dataran tinggi. Bikin fresh pikiran dari segala rutinitas pekerjaan harian. Tapi jangan lupa bawa pakaian tebal, ya, biar badan tetap hangat. Jangan sampai salah kostum, terus masuk angin pas liburan.

Pantai Indrayanti

Lokasinya berada di Gunung Kidul Jogjakarta. Pasir Pantai Indrayanti begitu putih bersih, lalu banyak ikan kecil lucu yang bisa ditangkap. Akomodasi sudah memadai, kamar mandi untuk membilas badan usai main di pantai dan warung makan tersedia cukup banyak. Begitu komentar seorang pengunjung Pantai Indrayanti di Tripadvisor.co.id.

Black Canyon dan Curug Tirta Muncar

Keduanya berada di Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Pengunjung bisa berenang atau rafting di sungai Black Canyon. Sungainya dikelilingi tebing berwarna serba hitam.

Harga tiket masuknya sangat terjangkau, hanya Rp 5.000. Jika butuh rompi pelampung, maka bisa menyewanya dengan harga Rp 10.000.

Sedangkan Curug Tirta Muncar tergolong objek wisata yang belum banyak diketahui wisatawan. Akses menuju ke lokasi curug bisa dikatakan cukup sulit. Harus ekstra hati-hati karena medannya curam dan licin. Begitu sampai di lokasi, maka perjuangan yang telah dilalui akan sepadan dengan pemandangan yang asri alami dengan air terjun yang segar.

Kenapa di poin ketiga saya sertakan 2 tempat wisata sekaligus? Karena lokasi keduanya berdekatan. Jarak keduanya sekitar 4,1 km dengan jarak tempuh kurang lebih 11 menitan. Jadi, bisa mampir sekaligus, kan...

Nah, kemanapun tujuan wisata alam yang akan kamu kunjungi, jangan lupa untuk membawa segala perlengkapan yang dibutuhkan. Termasuk alat sholat.

Kalo cowok, bisa bawa sarung dan sajadah. Kalo cewek, perlu bawa mukena dan sajadah.

Kenapa perlu membawa alat sholat sendiri?

Salah satu sebabnya agar terhindar dari rasa khawatir tentang bau alat sholat. Karena kalo menggantungkan ketersediaan alat sholat di tempat publik, maka kemungkinan besar alat sholat tersebut sudah dipakai banyak orang. Terlebih sejak pandemi Corona melanda, maka kekhawatiran berbagi alat sholat dengan orang lain menjadi isu penting tersendiri. Orang-orang begitu khawatir jika tertular penyakit satu itu.

Buat kamu yang muslimah, silakan kunjungi toko online Mukena Larizka di situs larizka.com. Di sana tersedia beragam mukena, termasuk mukena khusus traveling. Memudahkan kamu untuk tetap sholat dengan nyaman di manapun destinasi wisata yang kamu kunjungi.

Misalnya Mukena Daisy yang berbahan adem bisa dipakai dengan 2 cara: gaya biasa atau dengan gaya ponco. Ketika lagi traveling, kamu yang pakai hijab nggak perlu khawatir mengatur ulang hijabmu usai sholat. Kamu bisa menghemat waktu sekian menit untuk berdandan. Kamu bisa segera menikmati masa liburanmu lagi usai beribadah.

***

Yak!

Seperti itu kira-kira proses menulis yang saya lakukan. Itu gambaran bagaimana saya menggabungkan penyajian informasi dengan iklan produk melalui tulisan.

Jualan itu nggak melulu hanya menawarkan produk secara langsung, tapi bisa melalui teknik story telling.

Artikelnya akan saya kembangkan lagi, dan saya posting menyusul. Yang penting alur tulisan udah saya susun seperti yang udah saya kemukakan di atas.

Sampai jumpa di artikel tersebut, InSyaa Allah.

Terimakasih udah membaca cerita saya hari ini.

Wiradesa, 30 Januari 2022

https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEi20lfnow3QxP3Kc-J97UjazD-A6Rmlw2zsWiEtWELV9fxwTi5ziEoaqksJpcNF5osZygSDl-dUUkv0iYgkarvFHqdTTy7n_hFdYLSDtzyXe4H6hhHEoSVRXuF_e6h-o-P7yo8ZoF0KCSLPG0n2mEKgZWL_-weYvfWWDQnUgspQxLuSAuVUz72nZFidrg=s16000
https://shp.ee/bpf6c9h
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhD0Eq7xBQ7tIFbIK7Q_ECgIN6RtBZmrjR9YqggvtcsZ1CoHXwNN9jIsBMKBq03Zya3OntDoqh5E-nEGOnJX7nKl6fpqanGh9_DJV1IqQCUl3UkdtugmLBieSak_Pq-ahg6VdfxcaSCLmJJob8e2ndhYblPOVR0ejd3wIC-6qGxS2rorSdmueB1gpkRzA=s16000
https://shp.ee/m8bycch
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhMHrequR_uiFqHUSPt2thla2lqOVUNoui7mo8a0RoSEJ11oovhPG4cQSxMs2ltpJ5FZcuZg59zkwasw7EWVTL7xyNLsB3KjN5wztNTU4ETP_K9wI9FjqeMfZr4becfFFc7xKjiLuIA9IBihgRbo98bVwbu_T09Lh6OZbG0PSN2aLK2q5ZKwyqPoMJn0Q=s16000
https://shp.ee/6p8qtih
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgjJ6RZa4pWp-Tb7MaMnnsm-M7-RX3ho3v0o2WMDZMWHpsjY8p-KGJwUw8n4Ip2mVIpAsDT6kFhsMd433EisJCycOjTTt0i_AzcctOSV_i5gxi94W-MrUQgLmsdg9sw2rAOlSSWnayIXB63EwI4H1HdExTGwYmtm4H5RgUN5sj1tWniSQQ7Qu6CODx5uw=s16000
https://shp.ee/uap8v7h
Lebih baru Lebih lama